Edisi Ngegame Part 1: Regenerasi Skuad Tahap 1

Oke. Pada waktu sebelumnya saya sudah membuat catatan tentang game saya dan perkenalan dasar dengan PESCM. Pada kali ini saya akan melanjutkan cerita saya tentang game PES yang satu ini.

Jika kalian belum tau apa itu PESCM, bisa kalian baca dibawah.

Baca Juga : Inilah Game Saya dan Berkenalan Dengan Game PESCM

Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana cara regen skuad yang benar di PESCM. Tentunya banyak sekali list player yang dapat kita miliki melalui scout list pada game ini.

Scouting List Game PESCM

Pemilihan pemain merupakan hal yang paling mendasar dan kita harus mengetahuinya bagaimana cara terbaik dalam memlih para pemain pada setiap posisi yang ada di dalam sebuah team yang kita bangun. Pemain termuda dalam scouting list kita rata-rata yaitu 18 tahun, dan ability setiap pemain akan berkurang saat sudah mulai memasuki usia 30 tahun. Sedangkan batas usia regen player adalah maksimal 29 tahun. Jika kita sudah memahami tentang hal dasar tersebut, tentunya menentukan usia player yang ada harus bisa kita atasi.

Dalam memainkan PESCM ini dan berencana mau melakukan regen skuad, seharusnya usia player yang kita gunakan harusnya disamakan saja. Hal ini tentunya sangat berharga bagi kita untuk tetap memiliki OTR yang stabil dalam membangun skuad impian.

Trik Dasar Memilih Player

Apalagi untuk menghadapi tantangan Manager Cup dan Partner Cup yang setiap bulannya diadakan oleh Konami. Dengan memiliki usia player yang sama rata, tentunya kita dapat memaksimalkan ability dalam setiap player sehingga team yang kita bangun nantinya menjadi maksumal.

Scouting List Game PESCM

Tim terbaik dapat dimiliki jika batas usia player yang kita kontrak adalah maksimal-nya 21 tahun. Dari usia 18 sampai 21 tahun bisa saya katakan mereka Young Scout Star

Saya sarankan untuk tidak memakai scout list player dengan usia 22 tahun keatas. Karena pada usia ini sudah saya ujicoba bahwa perkembangannya sedikit lama dan jika saya paksa gembleng menggunaka trainer berkualitas pun akan sia-sia hasilnya, yang akhirnya saya hanya buang-buang trainer ๐Ÿ˜ง

Lalu player yang berusia 22 tahun saya apakan? Pertanyaan ini pasti muncul di benak kalian, dan tentunya saya sendiri ketika memainkan game PESCM ini. Saya tau ini ketika saya join di grup komunitas PESCM Indonesia. Jika kalian minat join bisa langsung apply saja ke PES Club Manager 2021 Indonesia.

Oke, saya bahas kenapa jangan menggunakan jasa player usia 22 tahun.

  1. Untuk list player yang berbintang 5, entah itu berusia 22 tahun atau atasnya.. biasanya saya jadikan meraka tumbal untuk menjadi Coach Trainer

    ..disaat kita membutuhkan item Special Trait dalam skuad kita maka bisa kita manfaatkan ini. Lalu apa itu special trait ini? Special trait adalah salah satu peningkatan ability pemain yang sangat spesial/unik yang dapat meningkatkan kemampuan tim kita untuk menghadapi liga kompetisi konami.

    Special Trait

    Banyak sekali daftar menu penumbalan dalam PESCM ini, bisa kalian cek gambar dibawah.

    Menu Penumbalan PESCM

    Semisal jika saya mau menumbalkan beberapa pemain. Contohnya saya mau menumbalkan si CAMPAร‘A. Bisa kalian ceklist dan selanjutnya klik Convert

    Menu Penumbalan Player

    Jika sudah meng-klik convert, maka disini saya akan mendapatkan sebuah notif Warning

    Menu Penumbalan Player

    ..yang artinya Jika saya sudah memilih player tersebut, maka si player ini akan meninggalkan skuad secara permanen. Dan bisa jadi saya tidak akan pernah dapat player yang bernama CAMPAร‘A lagi. Jika yakin, bisa klik OK.

    Dan secara otomatis, saya sudah mendapatkan Special Coach.

    Menu Penumbalan Player

    Jika mau menambahkan special trait bisa langsung ke menu Special Trait

    Menu Penumbalan Player

  2. Untuk list player yang berbintang 6, saya gunakan untuk membuka slot pada player bintang 6 yang berikutnya / di masa depan. Artinya saya menambah jumlah special trait pada player bintang 6. Kegunaan lainnya dapat dijadikan untuk menambahkan Limit Break….

    Menu Penumbalan Player

    ..maksudnya menambahkan maksimum ability, sebagai contohnya pada player bintang 6 memiliki maksimum Stats Value => 97.

    Menu Penumbalan Player

    Jika saya tambahkan trait limit break maka Stats Value-nya menjadi 99, dan batas untuk melakukan limid breaknya adalah 2x.

    Menu Penumbalan Player

    Bagaimana cara membuka tumbal pada slot ini? Langsung cekibroott.

    Semisal jika saya mau menumbalkan beberapa pemain. Contohnya saya mau menumbalkan si S. AURIER. Bisa kalian ceklist dan selanjutnya klik Convert

    Menu Penumbalan Player

    Jika sudah meng-klik convert, maka disini saya akan mendapatkan sebuah notif Warning

    Menu Penumbalan Player

    ..yang artinya Jika saya sudah memilih player tersebut, maka si player ini akan meninggalkan skuad secara permanen. Dan bisa jadi saya tidak akan pernah dapat player yang bernama S. AURIER lagi. Jika yakin, bisa klik OK.

    Bisa kalian pastikan lagi dan yakinkan diri kalian jika mau menumbalkan pemain ini.

    Menu Penumbalan Player

    Dan secara otomatis, saya sudah mendapatkan SP Slot Coach.

    Menu Penumbalan Player

  3. Untuk player bintang 7 dapat dimanfaatkan sama seperti halnya yang player bintang 6 tadi. Tapi untuk player bintang 7 ini dan yang berusia u22, saya biasanya tumbal pertukaran antar player yang lebih muda lagi….

    Menu Penumbalan Player

    ..untuk mendapatkan player bintang 7 muda, disini saya/kalian membutuhkan player sebanyak 4 player untuk dijadikan tumbal. Maka hasilnya saya akan mendapatkan gantinya player u18-20 tahun.

    Menu Penumbalan Player

    Jika mau menumbalkan, saya sarankan player yang mempunyai tipe jenis Early Developer. Apa itu Early Developer? bisa dibaca sampai bawah.

    Menu Penumbalan Player

Jangan ada kata Eman-Eman.. Mau slot gudang scouting list kalian penuh gara-gara menyimpang player yang kurang dalam peningkatan OTR dan ability??

Ya sebenarnya sih punya saya pun banyak untuk player usia 22 tahun dan belum saya jadikan tumbal pertukaran. Bisa kalian lihat, jika saya scroll down bagian itu masih ada lagi player u22 yang ada dibawahnya.

Scouting List Game PESCM

Selanjutnya masuk ke pembahasan tentang macam-macam perbedaan yang ada di dalam player masing-masing. Tentunya semua player tersebut memiliki perbedaan dalam segala hal. Entah itu dari segi usia, skill, ability, posisi, rarity, developer, special trait, dll. Bisa kalian lihat sendiri banyaknya perbedaan yang ada di dalam player saya.

Scouting List Game PESCM

Nah, tentunya catatan kali ini saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang apa itu Developer Player yang ada di dalam scouting list. Pada game ini, PESCM membagikan type/jenis pemain (player) masing-masing…

..ada 4 jenis yaitu Reguler Developer, Slow Developer, Early Developer, dan Genius Developer

Oke saya akan bahas satu per satu yak, cekibroott..

  1. Regular Developer

    Regular Developer menurut saya sendiri adalah suatu jenis pengembangan ability pemain yang dalam peningkatannya bergerak normal. Jenis type pemain ini paling sering saya dapatkan dalam memainkan PESCM dan melakukan scouting (jajan).

    Regular Player Developer

    Tidak ada yang special dari type player jenis ini. Karena semua pergerakan ability-nya berjalan sangat normal mulai dari usia 18 tahun akan selalu meningkat terus hingga usia player tersebut mencapai 30 tahun.

  2. Slow Developer

    Untuk bagian ini pengembagan ability dalam peningkatan bergerak sangatlah lambat dan rentang waktu perkembangan-nya sangatlah lama. Mendengar kata Slow jika kita artikan adalah lambat…

    Slow Player Developer

    ..sepintas dalam pikiran saya dulu, bahwa type jenis player ini tidaklah bagus. Namun, justru type player seperti inilah yang banyak diminati oleh para manager.

    Karena peningkatan ability jenis player ini dimulai dari usia 18 tahun hingga 32 tahun…

    Entah itu di forum asosiasi PESCM atau grup diskusi facebook.

    Jika kalian minat diskusi dengan mereka-mereka dan belajar lebih jauh, kalian bisa langsung join ke grup-nya langsung, yaitu PES Club Manager 2021 Indonesia.

    Semisal, jika saya menggunakan player slow developer dengan range usia 20 tahun, maka ability dan proses perkembangannya selaras/sebanding dengan player regular developer yang berusia 18 tahun.

    Membahas tentang kelebihan dan kekurangan player ini adalah…

    ..untuk kelebihannya adalah dapat meningkatkan kemampuan dengan rentang waktu yang lebih lama dibandingkan dengan yang regular developer. Sedangkan untuk kekurangannya adalah rating akan meningkat dengan lambat, sehingga akan memaksa kita untuk menggunakan trainer (pelatih) dengan kualitas tinggi. Jika kita menggunakan trainer dengan kualitas tinggi, maka kualitas dari player tersebut akan lebih baik daripada player yang regular developer.

    Hal ini bukan menjadi masalah buat saya ataupun kalian yang main, karena mendapatkan trainer yang bagus lebih mudah daripada kita mendapatkan player bagus. Atau bisa jajan trainer jika dirasa kurang yakin dengan peforma trainer tersebut. Asal token-nya banyak yak ๐Ÿ˜œ

    Jangan nge-cheat.. Karena game ini anti cheat ๐Ÿ˜…

  3. Early Developer

    Pada type jenis ini, perkembangan ability dari pemain bergerak dengan cepat. Walaupun perkembangan dari player ini cepat, namun rentan waktu dari player jenis ini cukup singkat. Yaitu dimulai dari usia 18 tahun sampai usia 28 tahun.

    Early Player Developer

    Semisal, jika saya menggunakan player slow developer dengan range usia 20 tahun, maka ability dan proses perkembangannya selaras/sebanding dengan player regular developer yang berusia 22 tahun. Jadi, dalam meningkatkan ability player jenis ini kita dapat menghemat penggunaan jasa trainer.

    Masuk ke pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan player ini…

    ..kelebihan dari player jenis ini adalah kita dapat dengan mudah untuk meningkatkan ability-nya. Sedangkan kekurangan-nya adalah jika saya tidak me-maksimalkan dalam melatih player ini sampai usia 28 tahun kedepan, maka kemampuannya akan menurun. Karir player jenis ini pun menurut saya lebih singkat dibandingkan dengan developer jenis lain.

  4. Genius Developer

    Yang terakhir adalah Genius developer. Type jenis ini dalam perkembangan ability player peningkatannya bergerak cukup cepat dan rentan waktu berkembangnya pun cukup lama. Jika saya simpulkan bahwa jenis player ini adalah gabungan dari 2 jenis type tadi, yaitu Slow developer dan Early developer…

    Genius Player Developer

    ..yang saya maksud gabungan adalah perkembangan ability player tersebut cepat seperti early namun rentan waktu penggunaanya sama seperti slow.

    Jenis player ini sangatlah langka. dan ini pun juga idaman para manager se-alam dunya. Di dalam daftar list saya pun, hanya ada 5 biji player dengan type Genius Developer ini.

    Rentan waktu penggunaan dalam karir player ini dimulai dari usia 18 tahun sampai 32 tahun dan peningkatan ability-nya pun cukup cepat. Sehingga dapat menghemat penggunaan jasa trainer.

    Semisal, jika saya menggunakan player jenis type genius developer dengan range usia 20 tahun, maka ability dan proses perkembangannya selaras/sebanding dengan player regular developer yang berusia 22 tahun dan rentan waktu perkembangannya setara dengan player yang berusia 18 tahun. Jadi, dalam meningkatkan ability player jenis ini kita dapat menghemat penggunaan jasa trainer.

Oke, pembahasan mengenai cara memilih player sudah aman. Selanjutnya saya akan lanjut cerita proses bagaimana cara regen skuad yang baik. Ini regen menurut pribadi saya sendiri ya ๐Ÿ˜†

Training Player

Dalam scouting list, kita memiliki beberapa list player kan, dan tentunya setiap player tersebut memiliki usia yang berbeda-beda. Ada yang berusia 18 tahun, 19 tahun, 20 tahun, dan bahkan ada yang 24 tahun…

..saat ini skuad player list tersebut tidak sama, dan tentunya kita harus membuat skuad baru untuk menatap season berikutnya. Pada awal season, kita harus memilih dan memilah player yang berusia 18 tahun…

Progres Regen Game PESCM

..pada gambar diatas yang sedang saya training adalah Otamendi, Phillips, Thomas. Sedangkan gambar atasnya lagi adalah skuad list untuk season berikutnya ketika 3 player dalam training list sudah memasukki usia 19 tahun.

Setelah kita tandatangan kontrak dan negosiasi gaji, kemudian kita mulai musim baru dan gembleng mereka sampai musim selesai. Jika season ini sudah selesai baru deh kita kontrak lagi player dengan u19 yang tadi ada di list.

Pemain baru yang baru kita tandatangani kontrak, langsung saya gembleng di pelatihan. Untuk menu pelatihan berada di menu Player Development dengan menggunakan trainer yang ada.

Menu Player Development

Jika saya tidak ingin melatihnya dan tempat training penuh, biasanya saya loan ke klub lain.

Menu Loan

Loan ini bertujuan untuk mendapatkan ability dengan cara cepat. Ability yang diperoleh pun random, jika sudah clear negosiasi loan, maka season baru akan dimulai.

Ketika akan memulai season baru, biasanya akan muncul tawaran sponsor. Biasanya disini saya pilih dari pihak sponsor yang menguntungkan buat keuangan tim kita. Usahakan saat memilih sponsor, sesuaikan dengan kemampuan starting dan daftar list player kita. Jika salah milih sponsor, bukannya untung malah buntung.. kan rugi.

Menu Sponsor

Jika clear dengan masalah sponsor, biasanya kita akan mendapat beberapa tawaran dari agen untuk recommendasi player. Mau lihat recommendasi-nya gak nih ๐Ÿ˜

Jangan kaget ya…

Agen Recommend

..oke ini dia recommendasi dari agen saya. Bagaimana, cukup memuaskan atau tidak nih ๐Ÿ˜Š

Agen Recommend

Tapi sayang, recommend player-nya tuwa semua. Hampir menyentuh kepala 3 dah ๐Ÿ˜ช

Oke.. ini dia daftar skuad list yang punya saya untuk menghadapi season ini. Untuk season ini, saya akan main di liga domentic melawan perwakilan dari liga Prancis.

List Daftar Regen

Untuk yang nanya bang, pake formasi apa bang? Oke, ini adalah formasi yang saya pakai dari awal kasta Super Star saya sudah terbiasa memakai formasi 4-3-3 diamond atau (4-2-1-3).

Skuad Regen

Kenapa saya memakai formasi ini? ya karena saya sudah terbiasa dengan formasi ini. Bahkan sebelum saya regen skuad, ada beberapa list player yang kuat dalam defense maupun attack. Ada Emmanuel Petit, Matuidi, David Silva, Pjanic, Keita.

Skuad Mewah

Itu adalah skuad mewah saya. Mungkin season-season sebelumnya juga ada, tapi biarkan saja-lah. Jangan protes, buscreett, gaji-nya gila bener.. Karena di kasta Super Star ini, lawannya cukup berat. Bahkan saya pernah 3-4x degradasi berturut-turut.

Track Record Team

Untuk yang belum tau maksud kasta dalam dunia PESCM, bisa baca disini

Oke.. anggap saja season ini sudah hampir selesai ya. Lawan berikutnya adalah PSG, SEMANGAT ๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ’ช๐Ÿป

Jadwal Berikutnya

Oke, jadwal season ini telah selesai. Mungkin ini adalah catatan record saya selama 1 musim penuh.

Ini catatan track record untuk liga Prancis. Jangan tertawa karena banyak yang kalah. Karena proses regen seperti inilah kita harus tau seperti apa gaya permainan player tersebut. Sembari kita gembleng player dengan trainer terpercaya dan berkualitas. Toh juga liga domentic ini tidak ada yang namanya degradasi, jadi sante ae.

Track Record Liga Prancis

Ini catatan track record untuk CUP liga Prancis. Sueekkk, gagal masuk final ๐Ÿ˜ฉ

Track Record Liga Prancis

Mau tau hasil klasemen-nya?? Oke ini dia akhir dari 1 musim penuh. Kenapa disini 17, kan tadi aslinya ada matchday 18? Karena untuk laga ini saya yakin 100% laga terakhir ini pasti kalah ๐Ÿ˜ค

Track Record Liga Prancis

Setelah 1 musim selesai. Tentunya player yang saya miliki akan bertambah usia dong. Player yang tadinya berusia 18 tahun akan bertambah menjadi 19 tahun.

Oke, sampai jumpa di catatan berikutnya ya ๐Ÿ˜